menanam kentang hidroponik

serbahidroponik.blogspot.com - menanam kentang hidroponik sederhana dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Zat-zat gizi yang terkandung dalam 100 gram bahan adalah kalori 347 kal, protein 0,3 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 85,6 gram, kalsium (Ca) 20 gram, fosfor (P) 30 mg, besi (Fe) 0,5 mg dan vitamin B 0,04 mg. Kentang termasuk tanaman semusim dan suber karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Banyak sekali varian masakan yang berbahan baku kentang, misalkan keripik, bergedel, semur kentang, dan lain-lain. Biasa juga digunakan untuk tambahan masakan sup, kering, dan masakan lain-lainnya.

Morfologi tanaman kentang :

Batang
Batang tanaman kentang berongga dan tidak berkayu, kecuali pada tanaman yang sudah tua.

Daun
Daun pada tanaman Kentang merupakan daun majemuk yang terdiri atas tangkai daun utama ( rachis), anak daun primer ( pinnae), dan anak daun sekunder ( folioles) yang tumbuh pada tangkai daun utama diantara anak daun primer.

Bunga
Bunga Kentang adalah zigomorf ( mempunyai bidang simetris), berjenis kelamin dua (hermaproditus atau bunga sempurna), warna mahkota bunga ( corolla) putih, merah jambu, atau ungu. . Daun kelopak (calyx), daun mahkota (corolla) dan benang sari (stamen) masing-masing berjumlah lima buah dengan satu bunga putik (pistilus). Mahkota berbentuk terompet dengan ujung seperti bintang. Lima buah benang sari berwarna kuning melingkari tangkai putiknya

Siapkan saja bahan-bahan yang ada di gambar berikut :


Anda hanya butuh umbi kentang, lidi atau tusuk gigi, dan gelas kaca/ atau wadah yang lain. Cara menanam kentang hidroponik sederhana yaitu :
  1. mencuci umbi sampai bersih,
  2. tusukkan beberapa lidi atau tusuk gigi pada umbi,
  3. isi wadah dengan cairan nutrisi,
  4. masukkan umbi tersebut ke dalam wadah.


Letakkan wadah di tempat yang terkena sinar matahari agar dapat memicu tumbuhnya daun. 


Demikian cara menanam kentang hidroponik sederhana. Sangat mudah bukan? 
Anda juga dapat mengkreasikan ini menjadi hiasan di rumah anda seperti contoh gambar-gambar berikut :





0 komentar:

Posting Komentar

 
Top