Bagaimana langkah-langkah cara menanam mawar dalam pot? Berikut saya berikan tips bagaimana cara menanam mawar pada pot khususnya bagi yang akan menanam dari bibit yang sudah berbentuk pohon (bukan biji mawar).

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu media pot yang memiliki lubang drainase dibagian bawahnya. Lebih besar pot lebih baik agar pertumbuhan akar pada nantinya bisa bergeriliya dengan cukup leluasa sehingga bisa menghasilkan bunga yang lebih baik.
Siapkan pot mawar
Langkah kedua, siapkan bibit bunga mawar yang akan ditanam. Jika Anda membeli bibit mawar kepada saya, bagi yang memesan di luar Kota Bandung secara eceran, kurang lebih bibitnya dikemas  seperti berikut.
Bibit bunga mawar
Langkah ketiga, masukkan tanah hingga pot terisi setengahnya seperti berikut.
Masukkan tanah dalam pot
Langkah keempat, masukkan pupuk kandang  alami (kotoran sapi, kotoran kambing atau kotoran ayam) di atas tanah tadi dengan banyaknya sekitar seperempat pot dan buat lubang di tengahnya untuk memudahkan penanaman bibit mawar. Bagi yang kesulitan untuk mendapatkan pupuk kandang alami, bisa menggunakan pupuk kompos kemasan atau pupuk kandang kemasan yang biasanya dapat diperoleh di toko-toko pupuk atau obat-obatan pertanian. Jika kesulitan mendapatkan pupuk tersebut, Anda dapat sekaligus memesannya kepada saya.
Masukkan pupuk kandang
Langkah kelima, buka plastik polibag yang menutupi akar bibit mawar dan tanamkan pada lubang di pot yang sebelumnya telah dibuat.
Tanamkan bibit bunga mawar
Langkah keenam, tutupi pupuk kandang tadi oleh tanah lagi sekaligus padatkan bibit mawar menggunakan tanah tersebut supaya bibit mawar tersebut dapat berdiri dengan kokoh.
Penanaman bibit mawar selesai
Langkah ketujuh, siramlah bibit mawar yang sudah tertanam pada pot dan telah berdiri dengan kokoh tersebut. Siraman pertama sebaiknya dilakukan dengan air yang cukup banyak. Setelah itu, simpanlah pot mawar Anda di tempat panas atau tempat yang terkena sinar matahari.
Siram bibit mawar 
Bagaimana, mudah sekali bukan cara menanam mawar dalam pot itu? Lalu, jika bibit mawar yang ditanam adalah bibit mawar semi holland. Silahkan baca tips cara perawatan mawar semi holland yang ditanam dalam pot pada artikel saya sebelumnya disini, atau cara yang lebih sederhana pada artikel yang berjudul cara merawat mawar di pot. Terima kasih dan selamat berkebun!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top