menanam hidroponik dengan media rockwool

serbahidroponik.blogspot.com - media tanam hidroponik merupakan media tanam yang menggantikan tanah. Tidak sembarangan media tanam yang dapat digunakan untuk media tanam hidroponik. Syarat yang harus ada dalam media tanam hidroponik adalah :
  1. Dapat menyerap air dengan baik dan membuang air apabila terlalu banyak,
  2. Tidak mengandung garam air laut,
  3. Mengandung pH 6-7,
  4. Tidak mengandung hama,
  5. Kaya unsur Kalsium / bahan kapur.
Media tanam sebenarnya banyak. Ada yang mudah didapat dan gratis, ada juga yang sulit didapat dan  membutuhkan biaya. Diantaranya :
menanam hidroponik menggunakan media arang sekam


arang sekam - arang sekam merupakan media tanam yang berasal dari ampas padi yang dibakar sampai hitam. bahan ini dapat menyerap air dengan baik dan ramah lingkungan. Selain itu pH yang didapat juga netral. Penggunaannya pad hidroponik yaitu dicampur dengan cocopeat dengan perbandingan 1:1

menanam hidroponik dengan media tanam spons


spons / busa bekas jok / kasur busa - spons ini sangat baik dalam menyerap air dan udara untuk media tanam. Sebagai bukti, jika spons ini dibuang begitu saja, tidak lama kemudian akan ditumbuhi oleh lumut.



menanam hidroponik dengan media hidroton

menanam hidroponik dengan media hidroton




expanded clay / hidroton - merupakan bahan yang berasal dari tanah liat bermineral dan berpori. Berbentuk bulat-bulat dan ukuran diameternya sekitar 1-2 cm. Bahan ini dapat digunakan berulang, cukup dicuci dan dibersihkan dari kotoran.





menanam hidroponik dengan media rockwool

rockwool - merupakan media berbentuk spons / busa yang berasal dari pemanasa batuan basalt. Hasil pemanasan tersebut membentuk lempengan atau blok-blok yang kemudian dipotong sesuai dengan kebutuhan. Biasanya berbentuk balok. Bahan ini dapat menyerap dan menahan air dengan sangat baik dan mengikat udara 20% yang mendukung pertumbuhan akar tanaman. Walau begitu, bahan ini hanya dapat dipakai sekali saja. Selain itu, roockwool memiliki pH 7,8 dan dapat meningkatkan pH air.

menanam hidroponik dengan media cocopeat

coir/cocopeat - bahan ini terbuat dari sabut kelapa. Bahan ini ramah lingkungan dan dapat dengan baik sebagai media tanam organik. Memiliki pH 5,0 - 6,8 dan cukup stabil untuk pertumbuhan akar tanaman. Pemakaiannya yaitu dicampurkan dengan sekam bakar perbandingan 1:1.

perlite - merupakan bahan media tanam yang berasal dari kaca vulkanik amorf. Bahan ini memiliki tingkat aerasi yang baik dan memiliki pH yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Bahan ini dapat dicapur dengan cocopeat dan sekam dengan perbandingan tertentu.

pumice - bahan ini berasal dari batuan basalt yang terjadi akibat letusan gunung berapi. Biasanya terdapat di daerah pantai.

vermiculite - sama dengan perlite namun memiliki aerasi dan bobot yang lebih dari perlite.


Nah itulah beberapa media tanam hidroponik pengganti tanah yang dapat anda pilih sesuai selera. Diantaranya juga ada yang bisa didapat secara gratis.

1 komentar:

 
Top