anggrek hidroponik orchid hydroponic

serbahidroponik.blogspot.com - Menanam anggrek hidroponik merupakan salah satu cara untuk menanam anggrek dengan mudah dan tanpa menggunakan media tanah sebagai media tanamnya.

Saat ini, anggrek merupakan salah satu tanaman primadona di seluruh dunia. Pada dasarnya, menurut habitat asli nya anggrek ada dua macam, yaitu anggrek yang tumbuh dan hidup menempel kepada tanaman lain namun tidak mengganggu tanaman induknya. Biasa disebut dengan anggrek epiphyt. Selain itu, ada juga tanaman anggrek yang hidupnya di tanah yang berhumus dan subur. Jenis ini disebut dengan anggrek terrestris atau disebut juga anggrek tanah. Dalam menanam anggrek yang paling penting adalah pada perakarannya. Bila akar anggrek yang kita tanam busuk atau rusak, akan mengakibatkan anggrek tersebut tidak akan bisa tumbuh secara optimal dan perkembangannya akan lambat

Saat ini, anggrek merupakan salah satu tanaman primadona di seluruh dunia. Menanam anggrek hidroponik dapat menghemat penggunaan air, daun-daun yang tumbuh lebih sehat, pada saat ingin memindah pot tidak merusah susunan akar, lebih ramah lingkungan dan tanpa tanah. Dengan menanam secara hidroponik, maka tanah akan digantikan dengan media tanam lainnya. Hal ini berguna untuk meminimalisir terjangkitnya jamur pada akar. Media yang biasanya digunakan untuk menggantikan tanah pada penanaman anggrek hidroponik adalah :

anggrek hidroponik orchid hydroponic

  1. LECA (lecation/hidroton) dapat dilihat di sini. 
  2. Lava Rock - merupakan hasil dari letusan gunung berapi.
  3. Alitflour - merupakan hidroton yang masih lunak dan mudah hancur.

Dengan sistem hidroponik, penanaman anggrek akan meningkat 30%-50% lebih cepat daripada menanam di atas tanah.

anggrek hidroponik orchid hydroponic


Pada dasarnya, akar pada anggrek memang dirancang untuk dapat merekat pada bebatuan. Sehingga apabila menggunakan media tanam hidroton akan sangat bagus. Saat akan memindahkan dari pot yang kecil ke pot yang lebih besar, cukup dengan menambah hidroton ke pot besar saja. Jadi susunan akar akan tetap aman.

anggrek hidroponik orchid hydroponic

Sedikit tips untuk merawat anggrek adalah dengan tidak menempatkan di tempat yang terkena terik matahari. Lebih baik ditempatkan di tempat yang teduh dan terbuka agar tidak lembab.
 

Baca juga artikel lain cara menanam cabe hidroponik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top