Pernahkah Anda melihat segerombolan semut mengerumuti tanaman Anda? Semut biasanya sangat tertarik sama bunga yang mekar. Walaupun keberadaan semut belum berarti buruk buat tanaman tetapi keberadaan semut di tanaman tsb sangat mengganggu kita dalam menikmati bunga atau tanaman kita. Mereka bisa saja menggigit tangan kita atau masuk ke dalam rumah. Untuk itu berikut ini saya berikan beberapa tips / cara mengusir semut pada tanaman secara alami.

cara mengusir semut pada tanaman, cara mencegah datangnya semut


Cara Mengusir Semut Pada Tanaman


1. Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Menggunakan Jebakan

Tak hanya binatang hama besar yang dapat Anda jebak tetapi semutpun dapat Anda jebak. Anda dapat membuat semacam “kerah” dari kertas. Cara untuk membuat kerah jebakan tsb adalah sebagai berikut:
  • Buatlah lingkaran dengan diameter sedikitnya 20cm atau tergantung lebar batang tanaman.
  • Potong lingkaran tsb.
  • Buat lubang kecil di tengah lingkaran secukupnya untuk memasukkan batang pohon yang bersemut. 
  • Olesi jebakan “kerah” kertas tadi menggunakan Vaseline.
  • Letakan jebakan “kerah” di tanaman pada batang bagian bawah dengan posisi bagian yang telah diolesi Vaseline menghadap ke atas.
Anda dapat melihat maka semut-semut pengganggu tadi dapat terjebak di dalam Vaseline yang lengket.

2. Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Menggunakan Aroma Tertentu

Beberapa serangga memang tidak menyukai bau-bau tertentu seperti bau kayumanis atau mint. Anda dapat meletakkan permen karet yang beraroma kedua macam bau tsb atau menaburkan bubuk kayumanis di sekitar tanaman.

3. Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Dengan Cara Membunuhnya

Banyak sekali resep yang dapat digunakan untuk membuat makanan tertentu yang bila termakan oleh semut maka semut tsb akan mati terbunuh. Salah satunya adalah dengan mencampurkan sejumlah gula dengan boraks atau gula dengan jagung. Lalu letakan makanan semut tsb di sekitar tanaman.

4. Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Dengan Cara Menghilangkan Jejak Semut

Tiap gerombolan semut biasanya memiliki jenis semut pemandu yang berfungsi mencari makanan. Para semut pemandu tsb dapat memberikan semacam “tanda” agar semut lain dapat mengikuti jejaknya. Anda dapat mengusir semut pada tanaman dengan cara menghapus jejak langkah semut. Anda cukup mencari jalur yang sering dilewati semut kemudian letakan kain yang telah direndam dengan larutan pemutih pakaian di atas jalur tsb. Cara ini cukup efektif juga untuk mengusir semut dari rumah dengan cara menghapus jejak menuju rumah. Perlu diingat bahwa menuangkan larutan pemutih ke atas tanah di sekitar tanaman sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak akar tanaman.

5. Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Menggunakan Repelen (Penolak Semut)

Tanaman seperti bawang putih, mint, chrysanthemum, aster, geranium, henbit and calendula adalah beberapa tanaman yang dapat mengusir semut dan hama lainnya di kebun Anda. Tanamlah beberapa tanaman tsb di kebun atau pekarangan rumah untuk mencegah datangnya semut pada tanaman.

Reference: gardenandfarm.blogspot.com; photo credit: pixabay.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top