Tak heran apabila banyak orang terutama pecinta bunga mawar yang ingin menanam bunga mawar pelangi di halaman rumahnya, mengapa tidak? Bunga mawar pelangi tidak hanya indah namun juga unik karena lembaran daun kelopaknya berwarna bak layaknya pelangi. Untuk mendapatkan bibit bunga mawar pelangi dalam era teknologi sekarang ini sungguh sangat mudah, seseorang tinggal mengetik kata kunci bibit/benih bunga mawar pelangi dalam mesin pencarian di internet dan muncul-lah banyak produsen lokal yang menjualnya dalam bentuk biji, atau jika ingin membeli dari luar negeri cukup ketik kata kunci rainbow roses seeds. Namun pertanyaannya adalah “apakah bunga mawar pelangi ini bisa tumbuh secara alami?”.

Saya sendiri sebagai salah satu produsen bibit bunga mawar polibag hasil perbanyakan teknik okulasi dan bunga mawar potong di Bandung sering mendapatkan permintaan baik itu bibitnya maupun bunga potong mawar pelanginya. Tentu saja untuk permintaan bibit bunga mawar pelangi langsung saya katakan tidak ada, karena memang tidak ada mawar khususnya jenis semi holland yang tumbuh secara alami. Sedangkan apabila itu terkait permintaan bunga potong mawar pelangi, bisa saya siapkan jika ada permintaan. Namun sebelumnya pasti saya jelaskan bahwa bunga mawar pelangi tersebut bukanlah bunga mawar pelangi asli, melainkan bunga mawar putih yang telah dilakukan teknik pewarnaan melalui proses osmosis sehingga menjadi berwarna pelangi.

Lalu, apakah mungkin bibit bunga mawar pelangi yang banyak dijual secara online itu asli tetapi bukan dari jenis semi holland? Memang banyak sekali jenis atau spesies bunga mawar di dunia ini, baik itu terjadi secara alami maupun atas campur tangan manusia dengan merubah genetik atau kawin silang antar jenis mawar. Hanya saja untuk kasus mawar pelangi, saya meragukan keasliannya. Apakah diantara Anda yang pernah membeli biji bunga mawar pelangi berhasil menumbuhkannya? Berapa lama-kah biji tersebut tumbuh dan apakah hasilnya memuaskan (baca: bunganya berwarna pelangi?).

Keraguan saya akan biji mawar pelangi ini bukan tanpa alasan, ketika saya melakukan tinjauan terkait biji bunga mawar pelangi ini dengan berkunjung ke situs Amazon, dimana disana terdapat produsen biji mawar pelangi yang menitipkan produknya di situs pengecer daring terbesar di dunia tersebut, dan membaca testimoni dari para pembeli maupun para petani yang memberikan komentarnya, kebanyakan isinya adalah cacian terhadap produsen tersebut.

Jika belum dihapus oleh Amazon, coba lihat produk Rains Rainbow Rose Seeds Bush Flower Seeds dan baca testimoninya. Sedikit saya kutip beberapa testimoni dari produk tersebut yang sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berikut ini:

Oleh Ladybug: “Ini adalah PENIPUAN”.

“Saya seorang holtikulturis. Tidak ada bunga mawar pelangi, dan jika ada, Anda tidak bisa menumbuhkannya dari biji ........ Saya sudah melaporkan penipuan ini kepada Amazon, jadi mari kita lihat apakah mereka berbuat sesuatu tentang ini”.

Oleh EL: “Jelek”.

“Mawar tidak berkecambah, walaupun sudah mengikuti petunjuk. Harganya pun terlalu mahal. Istri saya bilang kepada saya untuk mencoba mendapatkan uang saya kembali.

Oleh Julie: “Bibit tidak tumbuh”.

“Saya sangat ingin biji indah ini untuk tumbuh, tidak sama sekali! Saya pergi ke lokal green house untuk mengetahui apakah mereka punya masukan mengapa setelah 2 bulan benih saya tidak tumbuh, mereka menyarankan kita untuk memotong dan membuka satu benih ternyata itu sekeras batu, mereka tidak memberi saya saran apa pun kecuali untuk mendapatkan uang saya kembali”.

Jika belum dihapus juga oleh Amazon, coba lihat produk lainnya yakni Mystic Rainbow Flower dan baca testimoninya:

Oleh Charles M. Moughamian: “Bukan apa-apa kecuali murni penipuan”.

“Saya terkejut Amazon membiarkan penipu ini menjual sesuatu seperti ini di situs mereka. Beli-lah dan ikuti petunjuknya dari penipu ini dan Anda akan melihat dia menipu Anda.  ....... . Syukurlah Amazon mengembalikan uang saya untuk kedua benih ini dan juga yang warna biru. Ini benar-benar membuat saya marah ketika penipu ini telah memperdaya banyak orang. Dia membuat mawar terlihat seperti ini menggunakan pewarna”.

Oleh What The Best: “Biji tidak berkecambah seperti yang dijelaskan !!!”.

“Saya mengikuti semua petunjuk yang diberikan dan biji tidak berkecambah. Jangan membeli, tidak sebanding dengan uangnya. Hanya membuang-buang waktu dan uang saja. Sangat kecewa”.

Oleh Alex: “Mohon jangan membeli biji mawar”.

“Tolong, tolong, teman-teman, ini adalah penipuan! Mawar tidak pernah ditanam secara komersial dari biji. Mawar hampir selalu dicangkokkan dan dijual sebagai tanaman dewasa. Juga foto ini jelas palsu. Tidak ada mawar yang seperti itu, tidak ada bunga mawar yang tumbuh secara alami seperti itu. Toko bunga dapat membuat mawar berubah warna, tetapi mereka memasukkan pigmen langsung ke batangnya. Bibit dan bunga mawar pelangi ...! Saya tidak percaya ada orang yang memiliki keberanian untuk memasang penipuan ini.

Itulah sedikit dari banyaknya testimoni yang mengutarakan kekecewaannya terkait bibit bunga mawar pelangi yang dijual di Amazon, jika Anda telusuri lagi melalui mesin pencari dalam bahasa Inggris, banyak yang menjelaskan dan meyakinkan kita bahwa bunga mawar pelangi benar-benar tidak dapat tumbuh secara alami. Jadi apakah Anda masih berani untuk mencoba membeli biji bunga mawar pelangi? Keputusan ada pada diri Anda sendiri!

Foto kredit: nnice

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top