serbahidroponik.blogspot.comHama dan penyakit hidroponik banyak sekali. Berupa hewan - hewan kecil seperti serangga, ngengat, ulat dan lain-lain yang menggerogoti daun – daun tanaman kita. Sebagai penyuka hidroponik tentu saja akan penasaran dan mencoba – coba menanam berbagai macam tanaman. Biasanya tanaman impor lah yang memiliki daya tarik dan tantangan tersendiri untuk ditanam oleh para penanam hidroponik. Nah, benih impor ini biasanya belum dapat beradaptasi dengan baik di iklim Indonesia. Bibit tanaman impor ini sangat riskan dan rentan terhadap hama hewan maupun penyakit jika ditanam di iklim yang bukan habitat aslinya. Kita harus jeli untuk mengamati awal terjadinya gejala – gejala serangan hama dan penyakit yang sekiranya akan menjangkit tanaman kita, sehingga kita bisa ancang – ancang untuk menentukan tindakan apa dan dapat mengendalikan hama dan penyakit tersebut dengan baik.

Ada beberapa jenis hama dan penyakit tanaman hidroponik yang secara umum sering menjangkit tanaman hidroponik. Berikut beberapa contoh hama dan penyakit tersebut :

Tungau atau Mites
hama tungau
hama tungau
Biasanya berwarna merah dan kuning. Menyerang tanaman dengan menyuntikkan air ludahnya ke dalam tanaman melalui stilet.

Thrips
hama thrips
hama thrips
Hewan ini adalah serangga yang berbentuk kecil dan mempunyai sayap runcing seperti jarum yang kecil dan tidak berangka. Hewan ini tidak sepenuhnya terbang. Thrips hanya meloncat dari tanaman satu ke tanaman lainnya dengan bantuan angin dan orang sebagai mediator perpindahannya.

Aphis atau Kutu Daun
Aphididae ordo Homoptrea merupakan familinya. Kutu daun ini berbentuk kecil sekitar 4 sampai 8 mm. Hama ini membuat suatu jaringan di daun berupa serat yang dapat menutupi daun sehingga daun tidak dapat melakukan proses kerja fotosintesis dengan baik karena sinar matahari tertutup oleh jaringan tersebut. Biasanya menyerang tanaman buah – buahan seperti semangka, melon, timun, tomat dan lain lain.

Leaf Miner
hama leaf miner
hama leaf miner
Serangga ini menyerang tanaman tanaman bunga sejenis krisan dan anggrek.

Bacterial Wilt atau Layu Bakteri
Kali ini adalah salah satu penyakit yang menyerang dengan cara melayukan daun sebagian namun perlahan akan layu secara keseluruhan.

Itulah beberapa contoh  Hama dan penyakit hidroponik.
Mari berbagi ke sesama tema agar manfaat yang anda dapatkan tidak berhenti di anda sendiri dengan cara share ke media sosial media anda.

Baca artikel-artikel saya yang lain di serbahidroponik.blogspot.com
Trimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top