serbahidroponik.blogspot.com - Video berikut merupakan tutorial menanam tanaman dengan hidroponik sestem wick.Dari sekian banyak sistem yang ada dalam bertanam hidroponik sistem sumbu atau wicklah yang paling sederhana. Sistem ini adalah sistem pasif sehingga tidak memerlukan bantuan pompa air saat untuk menyuplai nutrisi ke tanaman yang ditanam. Sistem wick menggunakan sumbu sebagai media untuk penyerapan nutrisi dari wadah nutrisi ke akar tanaman. Namun jika akar tanaman sudah dapat menjangkau air nutrisi, maka sumbu tersebut sudah tidak digunakan lagi. Pada sistem ini dapat menggunakan media tanam sekam bakar, cocopeat, perlite, vermicullite, ataupun pecahan bata dan genting.

Kelemahan dari sistem wick ini adalah tanaman yang besar akan menyerap nutrisi lebih dan menyerobot nutrisi tanaman yang kecil, sehingga tanaman yang lebih kecil akan kekurangan nutrisi yang berasal dari larutan nutrien. Hal ini dikarenakan tanaman yang lebih besar akan lebih cepat menyerap nutrisi dari larutan nutrien. Dalam sistem wick ini, tanaman tidak akan sama dalam pertumbuhannya. Akar yang lama terendam cairan akan selalu lembab dan mengakibatkan akar menjadi layu dan akhirnya terjadi pembusukan. Sistem wick ini tidak cocok untuk menanam tomat dan cabe. Jika cairan terlalu lama tidak diganti, maka akan dijadikan sarang oleh nyamuk dan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk tersebut.

Kelebihan dari sistem wick ini adalah dalam perakitan, sistem ini sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu, tenaga, dan modal yang besar. Karena sistem ini adalah sistem pasif, maka tidak akan ada bagian perangkat yang digerakkan dengan mesin karena dalam penyaluran nutrisi akan menggunakan sumbu. Kalupun tanaman sudah besar dan akar sudah menjangkau wadah atau tempat larutan, maka sumbu tersebut tidak diperlukan lagi. Sistem ini tidak memerlukan penyiraman karena menggunakan wadah larutan nutrisi dan secara otomatis akan disalurkan oleh sumbu atau akar tanaman tersebut. Apabila larutan telah habis cukup manambah tau menggantinya dengan larutan yang baru. Selain itu kita juga dapat menghemat pupuk dan air, dan tentu saja kita tidak perlu mencangkul.




Dengan video tutorial menanam tanaman dengan hidroponik sestem wick tersebut semoga dapat memudahkan anda dalam mengembangkan pengetahuan mengenai hidroponik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top