serbahidroponik.blogspot.com - Menanam hidroponik pada saat ini merupakan sebuah topik yang menarik untuk dibicarakan. Ketersediaan lahan yang tidak memadai untuk bertanam merupakan salah satu faktor pendukung dikembangkannya menanam hidroponik. Banyak sekali teori-teori dan materi tentang hidroponik. Seperti pada artikel pada blog saya ini yang berbicara mengenai pengertian dan cara menanam hidroponik sederhana. 

menanam hidroponik


Pada dasarnya, menanam hidroponik adalah teknik menanam tanpa menggunakan media tanah. Biasanya menggunakan media pegganti seperti sekam bakar, cocopeat, rockwool dan lain-lain seperti di media tanam pengganti tanah. Tentu saja pada setiap media tanam berbeda-beda caranya. Namun secara keseluruhan, perbedaan itu tidaklah terlalu menyulitkan.

Untuk memulai menanam hidroponik, kita harus mempunyai bibit unggul yang akan kita tanam. Kita dapat menyemai sendiri bibit tersebut sampai tumbuh dua daun. Seperti pada artikel saya cara persemaian dan pembibitan biji cabe dan tomat. Selanjutnya kita yang tidak kalah penting adalah larutan nutrisi yang akan kita berikan kepada tanaman hidroponik kita. Kita dapat memperoleh larutan nutrisi tersebut dengan cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana pada blog saya.

Selanjutnya adalah kita harus memikirkan sistem/teknik apa yang akan kita gunakan untuk menanam hidroponik. Terdapat banyak sistem/teknik yaitu menanam hidroponik teknik static solution culture, sistem tetes habis non sirkulasi hidroponik, sistem tetes putar sirkulasi hidroponik, menanam hidroponik teknik drip irrigation dan masih banyak lagi. Ada juga sistem nft (nutrient film technique) hidroponik.


Dalam melakukan kegiatan bercocok tanam hidroponik memang mudah dan murah jika kita jeli dalam melihat peluang dan jika kita membuka pikiran kita lebar-lebar. Apabila kita sudah bisa bertanam hidroponik dengan baik, maka tidak ada salahnya kita berbisnis melalui hobi kita ini. 

Sekian artikel dari saya mengenai menanam hidroponik. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top