serbahidroponik.blogspot.com - Manfaat selada air sangat banyak. Dengan nama latin Nasturtium orricinale berasal dari famili brassicaceae ini merupakan tumbuhan menahun yang cepat tumbuh dengan sifat akuatik ataupun semi-akuatik. Tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia.






selada air
selada air


Selain dapat dibuat sayur, selada air juga bisa dijadikan jus. Dengan perbandingan 1:4 (1 bagian jus terhadap empat bagian air). Diminum dua sendok takaran teh penuh delapan kali sehari selama dua minggu.

Kandungan yang ada pada selada air terdapat vitamin C lebih banyak dari pada bayam, vitamin B, antioksidan, betakaroten, magnesium, potasium, phytochemical yang merupakan senyawa anti kanker, mineral, klorofil, bioflavonoid, folat, vitamin E, kalium, sulfur, dan seng.

Dengan kandungan yang komplit tersebut, tentu saja terdapat banyak sekali manfaatnya. Diantaranya adalah :

1. Dapat menangkal radikal bebas dan menambah sistem imun tubuh,
2. Dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh,
3. Dapat mengatasi bisulan,
4. Dapat membantu dalam penyembuhan asma, bronkitis, eksim, TBC, dll,
5. Dapat mengurangi resiko terhadap kanker dan tumor,
6. Dapat membersihkan darah,
7. Dapat membantu pembentukan sel darah merah dan putih pada susunan sum-sum tulang,
8. Dapat mengatasi bintik-bintik pada wajah (digunakan untuk masker),
9. Dapat meringankan insomnia,
10. Dapat memperlancar pencernaan.

Selain ke sepuluh manfaat di atas, selada berguna untuk mengatasi penuaan dini karena mengandung zeaxanthin dan memiliki sifat yang antioksidan. Selain dapat mengatasi penuaan dini, selada juga dapat mencegah katarak pada mata kita. Selada juga dapat menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, dan merupakan sumber vitamin A dan beta karoten yang dapat mempertajam penglihatan kita. Vitamin K yang terkandung di dalamnya merupakan vitamin yang dapat memperkuat tulang kita dan dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan lain-lain. Folat juga dapat membantu meningkatkan janin para perempuan saat masa kehamilan dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan pria. Selain itu vitamin C berguna untuk menambah dan menjaga kekebalan tubuh kita.

Masih banyak lagi manfaat-manfaat selada air yang belum tertulis. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top