Bunga mawar merupakan salah satu bunga terpopuler di dunia, hal ini dikarenakan bunga mawar memiliki mahkota bunga yang sangat cantik. Bunga mawar terdiri atas banyak macam jenis, namun di Indonesia sendiri khususnya di Bandung (salah satu tempat budidaya bunga mawar di Indonesia) pada umumnya mengelompokkan mawar ke dalam dua jenis yakni mawar semi holland dan mawar lokal (mawar hias).

Perbedaan yang umum diketahui antara mawar semi holland dan mawar lokal yakni bahwa mawar semi holland tidak terlalu banyak memiliki ragam warna namun memiliki kelebihan pada bentuk mahkota bunga yaitu memiliki mahkota bunga yang besar, tebal dan bisa dijadikan sebagai bunga potong semisal untuk penghias ruangan yang disimpan dalam vas bunga. Sedangkan mawar lokal walaupun mahkotanya tidak sebesar dan setebal mawar semi holland, serta tidak bisa dijadikan bunga potong, golongan mawar ini memiliki banyak sekali ragam warna dan juga bentuk.

Satu hal lagi kelemahan yang dimiliki mawar semi holland adalah dia tidak memiliki wangi (untuk macam warna apa pun), sedangkan pada golongan mawar lokal terdapat beberapa macam mawar yang berbau harum (wangi). Setidaknya, terdapat empat macam mawar lokal yang berbau harum. Berikut adalah ke empat macam mawar wangi tersebut.

Mawar Afrika
Mawar Afrika
Mahkota bunga mawar afrika memiliki bentuk yang agak mirip dengan mawar semi holland, namun dia tidak setebal mawar semi holland. Varian warnanya hanya satu yakni merah muda keunguan.

Mawar Kuning Malang
Mawar Kuning Malang
Mawar kuning malang hampir sama dengan mawar afrika dari bentuk dan juga ukuran mahkota bunga yakni mirip dengan mawar semi holland namun tidak setebal mawar semi holland. Varian warnanya hanya satu yakni kuning.

Mawar Ungu Lokal (Purple)
Mawar Ungu Lokal 
Mawar ungu lokal atau yang biasa kami sebut dengan nama mawar purple memiliki warna ungu muda, berukuran sedang seperti mawar kampung namun lebih tipis (helaian mahkota bunganya lebih sedikit).

Mawar Kampung
Mawar Kampung
Mawar kampung memiliki mahkota bunga yang agak bulat, ukuran bunga sedang (lebih besar daripada baby rosehairspray, postar, polyanta) dan memiliki varian warna merah, merah muda, ungu dan putih.

Ke empat macam mawar lokal tersebut adalah mawar yang memiliki bau harum, jadi apabila Anda sedang mencari bunga mawar wangi, ke empat macam mawar lokal di atas adalah jawabannya. Namun, tingkatan wangi dari ke empat macam bunga mawar di atas baru terasa wanginya jika Anda mendekatkan hidung Anda kepada mahkota bunganya. Ya, tingkatan wanginya tidak seperti bunga sedap malam yang apabila disimpan dalam satu ruangan maka wanginya akan terhirup dari jarak yang agak jauh.

Jika Anda berminat untuk memiliki bunga mawar wangi tersebut (bibit untuk ditanam yang sudah berbentuk pohon), silahkan pesan melalui kontak yang tersedia pada blog ini. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top