Ketika Anda mengetik kata kunci bunga mawar hitam melalui mesin pencari favorit Anda, pastilah banyak bermunculan artikel dan juga gambar-gambar bunga mawar warna hitam yang menurut saya warnanya sangat eksotis dan keren. Namun, apakah Anda pernah melihat langsung mawar hitam dengan mata kepala Anda sendiri? Saya sih belum pernah, lalu apakah memang ada di dunia ini mawar berwarna hitam? Yuk kita kupas informasinya disini.

Ilustrasi bunga mawar hitam
Warna pada bunga mawar yang sering kita jumpai khususnya di Indonesia yang paling populer dan benar-benar ada keberadaannya diantaranya adalah warna merah, putih, kuning, oranye, merah muda dan ungu. Bunga mawar hitam sendiri pada mulanya sering ditampilkan dalam bentuk fiksi (tidak nyata) untuk menggambarkan/mencerminkan dan melambangkan kebencian, tidak jarang juga digunakan sebagai lambang gerakan anarkis serta ancaman pembunuhan. Dalam cerita mitos bunga mawar hitam selalu dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Dalam hal percintaan bunga ini melambangkan akhir dari suatu hubungan atau perpisahan. Pokoknya mawar hitam ini selalu diartikan dengan hal-hal yang gelap atau menyeramkan.

Namun, apakah bunga mawar hitam ini benar-benar ada di dunia nyata dan bukan fiksi? Yang dinamakan mawar hitam yang pernah saya temui ternyata tidaklah benar-benar berwarna hitam pekat. Namun sebenarnya berwarna merah namun intensitas warna merahnya sangat pekat sehingga timbul warna kehitam-hitaman yakni sebenarnya merah maroon yang sangat tua, penampakkannya dapat dilihat melalui foto berikut?
Mawar hitam (merah marun)
Habitat bunga mawar hitam tersebut dapat ditemui di pedalaman hutan yang sangat sedikit sekali terkena sinar matahari dengan cuaca yang sangat dingin dan sering diguyur hujan. Lalu mungkin sekarang Anda berkata dalam hati bahwa mawar hitam itu sebenarnya memang tidak ada dan hanya fiksi belaka? Walaupun begitu seseorang diantara Anda mungkin pernah melihat di toko bunga bahwa ada toko yang menjual bunga mawar hitam, nah bagaimana tuh?

Mungkin saja yang terdapat di toko bunga itu bukanlah bunga mawar hitam asli melainkan mawar putih yang diproses melalui teknik osmosis yakni teknik pewarnaan menggunakan tinta khusus. Lagi-lagi saya mengira bahwa saat ini Anda menyangka bahwa mawar hitam itu jelas tidak ada keberadaannya kecuali mawar hitam yang sebenarnya berwarna merah maroon pekat seperti pada gambar di atas.

Namun tunggu dulu, dari informasi yang saya dapatkan pada situs vemale.com, ternyata bunga mawar berwarna hitam pekat seperti pada gambar ilustrasi mawar hitam di atas benar-benar ada keberadaannya. Ya, bunga mawar hitam itu ternyata ada dan tumbuh baik di negara Turki, tepatnya di daerah Halfeti. Pada situs tersebut dikatakan bahwa mawar berwarna hitam ini tumbuh dikarenakan kondisi tanah di Halfeti berbeda dengan daerah lain juga karena ada faktor Sungai Efrat sehingga membentuk pigmen alami yakni anthocyanin pada mawar dimana pigmen ini terdapat juga pada tumbuhan blueberry dan raspberry. Walaupun begitu, lagi-lagi warna hitam yang muncul sebenarnya berwarna magenta tua atau ungu tua, tetapi warna tersebut benar-benar sangat mendekati warna hitam asli.

Jadi apabila Anda ingin melihat mawar hitam asli, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam karena keberadaannya yang jauh yakni di Turki. Pun Anda harus tahu juga bulan apa mawar tersebut mekar, karena masih pada sumber tersebut, mawar hitam ini hanya mekar 2 kali dalam setahun (musim semi dan musim gugur) dengan waktu yang cukup singkat yakni 15 hari. Sayangnya saat ini bunga ini semakin langka dan hampir punah mengingat konstruksi bendungan di Halfeti menggusur banyak tanah dan lahan tempat hidupnya mawar hitam tersebut. Namun pemerintah dan penduduk setempat terus berusaha agar mawar yang sangat langka itu tidak punah.

Kredit foto untuk ilustrasi bunga mawar hitam: Ulbrecht Hopper

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top