Apa yang harus dilakukan ketika Anda memilih bunga mawar sebagai tanaman yang Anda tanam dalam pot? Kata lain, bagaimana cara merawat mawar di pot sehingga tanaman bunga mawar Anda dapat tumbuh baik dan rajin berbunga? Yuk disimak tipsnya pada artikel kali ini.

Tanaman mawar merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari demi berlangsungnya kegiatan fotosintesis, yakni cara tanaman untuk menghasilkan zat makanan bagi dirinya. Oleh sebab itu, penyimpanan pot yang ditumbuhi bunga mawar harus disimpan di tempat terbuka atau di tempat yang terkena sinar matahari baik langsung atau pun tidak langsung. Yang terbaik adalah menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung.

Hampir semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bisa melangsungkan hidupnya, tak terkecuali tanaman bunga mawar. Oleh karena itu, tanaman mawar harus selalu disiram setiap harinya 2 kali dalam sehari jika dalam keadaan cuaca panas yakni pagi dan sore. Pada suatu daerah yang memiliki cuaca lebih panas, tanaman mawar bisa disiram hingga 3 kali dalam sehari yakni pagi, siang dan sore hari. Namun, ketika datang musim hujan bagi mawar yang tidak terkena air hujan (pot mawar disimpan di bawah naungan semisal kanopi atau semacamnya seperti rumah kaca), cukup disiram sekali dalam sehari atau 2 hari sekali, atau tidak perlu disiram jika pot diletakkan di tempat yang terkena air hujan.

Cara merawat mawar di pot yang terkena air hujan langsung, sebaiknya setelah terkena air hujan lakukan penyemprotan dengan air rumah (bukan air hujan) menggunakan semprotan dengan keluaran air berbentuk spray. Hal ini dilakukan agar air hujan yang menempel pada tanaman mawar dapat turun, karena air hujan kurang bagus bagi tanaman ini dan biasanya akan mudah diserang hama salah satunya adalah hama wereng hijau. Oleh karena itu, mengapa budidaya bunga mawar khususnya jenis semi holland sering dilakukan dalam rumah kaca.

Selalu rutin memeriksa kondisi tanaman bunga mawar Anda, jika terdapat daun yang mulai menguning, petiklah.

Selalu rutin juga melakukan penyiangan yakni membersihkan permukaan media tanam pada pot mawar yang biasanya ditumbuhi oleh gulma (rumput liar yang tidak diharapkan keberadaannya).

Lakukan juga pemotongan pada batangnya apabila bunga sudah mulai layu. Tips bagaimana cara memotong batang bunga mawar dapat Anda baca lebih lengkap pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Memotong Batang Bunga Mawar.

Tanaman mawar memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan bunga yang bagus. Oleh karena itu, pemberian pupuk semisal pupuk NPK perlu rutin dilakukan setiap 2 minggu sekali atau selambat-lambatnya setiap satu bulan sekali.

Tak dapat dipungkiri bahwa tanaman bunga mawar rentan terhadap serangan hama. Seperti kita ketahui, hama dapat merusak pertumbuhan bunga mawar dan bisa mengakibatkan mati jika tanaman mawar yang terkena hama dibiarkan tanpa pengobatan. Jangan menunggu hingga tanaman mawar terserang hama baru diobati, tapi gunakanlah prinsip sedia payung sebelum hujan, yakni semprotlah tanaman bunga mawar Anda setiap seminggu atau 2 minggu sekali menggunakan obat kimia pencegah hama semisal curachon dan antracol.

Itulah tips cara merawat mawar di pot, semoga bermanfaat dan selamat menanam bunga mawar!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top