Tak dapat dipungkiri bahwa tanaman juga sama seperti manusia memerlukan nutrisi agar pertumbuhannya baik. Salah satu nutrisi bagi tanaman adalah dengan memberikannya pupuk secara rutin. Tak terkecuali dengan tanaman bunga mawar, dia memerlukan nutrisi tambahan seperti pupuk agar pertumbuhannya baik sehingga dapat menghasilkan bunga yang sehat dan indah. Pada artikel kali ini, khusus bagi para pecinta bunga mawar yang menanam dalam pot, akan saya berikan tips memberikan pupuk bunga mawar dalam pot. Jenis pupuk apa dan bagaimana cara pengaplikasiannya? Yuk disimak saja bahasannya di bawah ini.

Pupuk yang baik dan umum untuk diberikan secara rutin kepada tanaman mawar adalah pupuk NPK. Pada umumnya terdapat tiga jenis pupuk NPK yang dapat dibedakan dengan mudah dari warnanya yakni merah muda, biru dan juga hijau. Yang paling bagus adalah menggunakan pupuk NPK berwarna hijau sedangkan paling minimalnya menggunakan yang berwarna biru, untuk warna merah muda sebaiknya tidak digunakan karena kurang bagus.  Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya?

Pada umumnya terdapat tiga cara aplikasi pemberian pupuk NPK untuk bunga mawar yang ditanam dalam pot. Cara pertama adalah dengan hanya menaburkannya saja sekitar 10-20 butir di atas permukaan media tanamnya seperti pada gambar berikut.

Cara kedua adalah dengan sedikit menggali media tanam kemudian masukkan pupuk NPK dan tutup kembali menggunakan media tanam tersebut seperti pada gambar berikut.

Cara ketiga adalah dengan melarutkan pupuk NPK ke dalam air yang kemudian disiramkan kepada media tanam mawar seperti pada gambar berikut.

Pertanyaannya adalah cara keberapa yang paling bagus untuk diaplikasikan pada tanaman bunga mawar? Cara yang paling bagus untuk diaplikasikan terhadap tanaman bunga mawar adalah cara yang ketiga, mengapa? Karena pupuk dapat langsung masuk ke dalam akar mawar sehingga proses penyerapannya dapat berjalan lebih cepat.

Walaupun begitu, aplikasi pemupukan pada cara ke dua dan pertama juga boleh dilakukan dengan kondisi tertentu jika Anda malas untuk melarutkan butiran NPK ke dalam air terlebih dahulu. Jika ingin mengaplikasikan cara pertama (cara termudah), lebih baik dilakukan ketika sedang musim panas atau apabila penyimpanan pot mawar disimpan di tempat yang tidak terkena air hujan. Hal ini dikarenakan biasanya apabila terkena air hujan, butiran-butiran NPK tersebut dapat loncat sehingga mengenai batang atau daun mawar yang dapat mengakibatkan daun dan batang mawar tersebut menjadi gosong. Sedangkan cara kedua, dapat dilakukan baik itu musim panas maupun musim hujan karena setelah dimasukkin ke dalam media tanam, butiran NPK kemungkinan loncat terkena air hujan adalah kecil.

Jika Anda memilih cara pertama dan kedua, siramlah media tanam bunga mawar segera setelah NPK diberikan. Juga siramlah segera setelah terkena air hujan jika baru diberikan pupuk NPK lalu tiba-tiba terjadi hujan walaupun itu sebelumnya telah Anda lakukan penyiraman.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah, jangan memberikan pupuk NPK ketika bibit mawar baru saja ditanam dalam pot. Biarkan dulu akarnya beradaptasi dengan media tanam baru sehingga dapat menyatu dan menjadi kuat pada media baru tersebut. Biasanya akar sudah mulai kuat pada media tanam baru rata-rata sekitar 10 hari sejak ditanam. Jadi lakukanlah pemupukkan menggunakan NPK minimal pada hari kesebelas sejak awal penanaman, setelah itu lakukanlah pemupukan ini secara rutin setiap dua minggu sekali. 

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih karena telah membagikan ilmu kepada saya,bagaimana cara merawat bunga yg baik.saya jg termasuk seorang yg sngt peduli dgn keindahan.

    BalasHapus

 
Top