Bagaimana cara pengemasan bunga mawar kami yang untuk dikirimkan ke luar Bandung? Terkadang ada pelanggan yang trauma karena pernah memesan bunga potong dari luar daerah dengan hasil bunga yang rusak berantakkan ketika sampai kepadanya dari supplier lain. Hal tersebut kadang berimbas kepada kami karena mereka takut kejadian tersebut terulang kembali walaupun sudah kami jelaskan cara pengemasan kami seperti apa. Untuk itu pada artikel kali ini, akan kami jelaskan cara pengemasan bunga mawar kami yang disertai foto. Insya Alloh pengemasan kami selalu selamat sampai tujuan.

Hal pertama yang kami lakukan adalah melapisi ujung batang bunga mawar menggunakan kapas berair seperti berikut.

Kemudian, kapas berair tersebut dibungkus dengan plastik dan diikat kembali menggunakan karet dengan kencang agar air yang berada dalam kapas tidak keluar seperti berikut.

Penggunaan kapas berair tersebut, walaupun ketika sampai ditangan Anda kapasnya sudah agak kering, berfungsi untuk sedikit menjaga kesegaran bunga mawar tersebut.

Kemudian bunga mawar yang sebelumnya telah dilapisi kapas berair pada setiap ujung batangnya, dilapisi juga dengan kertas HVS yang didobel pada mahkota bunganya dengan kencang sehingga setiap mahkota bunga akan diam (tidak goyang) dan tidak lecet akibat bersentuhan dengan bunga-bunga lainnya yang terdapat di dalam kardus. Setelah itu bunga mawar disusun rapi dan padat untuk setiap kodinya dalam sebuah kardus tebal (biasanya kami menggunakan kardus bekas rokok) seperti berikut.

Penyusunan bunga mawar dilakukan dengan padat antara setiap kodinya dalam kardus bertujuan agar ketika dikirimkan lewat jasa ekspedisi yang biasanya terkadang dilempar-lempar, mereka tetap diam tidak bergoyang sehingga tidak akan terjadi gesekan diantara setiap kodi bunga mawar yang dapat menyebabkan rusaknya bunga mawar.

Lalu, jika ketika sampai permukaan atas terdapat kelonggaran antar kodi pada bunga mawar, kami selip-selipkan kertas koran atau semacamnya yang digulung-gulung untuk mengisi kelonggaran tersebut sehingga tidak ada bunga mawar yang dapat bergoyang ketika kardusnya dibolak-balikkan seperti berikut.

Jadi pada prinsipnya pengemasan bunga mawar kami disusun serapi dan sepadat mungkin agar mereka tidak dapat bergoyang didalam kardus (tetap diam). Setelah itu, kardus ditutup dengan tidak menyisakan ruang sedikitpun pada bagian atasnya. Dan tidak lupa juga kami buatkan lubang pada kardus tersebut agar sirkulasi udara dapat masuk sehingga bunga mawar yang saling berhimpitan di dalam kardus tidak terlalu panas.

Namun yang dijadikan catatan adalah, walaupun ujung batang bunga mawar sudah dilapisi kapas berair. Jangan heran apabila ketika sampai kepada Anda, mawar dalam kondisi yang kurang segar. Hal ini dikarenakan air dalam kapas kapasitasnya sedikit sehingga hanya berfungsi agar mawar tidak sangat layu, karena apabila menjadi sangat layu, bunga mawar dapat rontok dalam perjalanan yang memakan waktu 1-2 hari. Juga hal tersebut dikarenakan bunga mawar berada dalam kardus yang didalamnya diisi dengan setiap bunga yang saling berhimpitan walaupun kardusnya telah dilubangi untuk sirkulasi udara agar suhu dalam kardus tidak terlalu panas.

Untuk itu, agar bunga mawar kembali segar ketika sampai ditangan Anda, jangan lupa untuk memotong ujung batangnya sekitar 1-2 cm sehingga terlihat kembali ujung batang mawar yang putih bersih dan tidak kering kecoklatan seperti berikut.

Setelah itu, masukkan ujung batang mawar tersebut dalam air bersih dan Insya Alloh dalam waktu sekitar satu jam, bunga mawar akan kembali segar dan siap untuk Anda jual kembali atau untuk Anda jadikan sebagai bahan dekorasi. Akhir kata, semoga penjelasan cara pengemasan bunga mawar kami ini membuat Anda tidak ragu untuk memesan bunga mawar atau bunga potong lainnya kepada kami. Terima kasih dan selamat memesan bunga mawar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top