Bunga mawar rentan terhadap berbagai hama yang dapat mengakibatkan tanaman ini rusak. Akan tetapi apabila ditanam dalam pot, hama yang paling sering menyerang adalah hama ulat dan wereng hijau. Hama ulat tentunya akan merusak bunga mawar karena mereka biasanya memakan daun dan juga bunganya itu sendiri, tidak mau kan tanaman bunga mawar Anda diserang oleh ulat seperti ini.

Namun tenang saja, bila tanaman bunga mawar Anda terkena serangan hama ulat terdapat obat-obatan kimia yang dapat membasminya. Walaupun begitu, sebaiknya Anda menggunakan prinsip sedia payung sebelum hujan, yakni jangan biarkan hama ulat dapat menyerang bunga mawar Anda, karena walaupun hama ulat dapat dibasmi dengan mudah ketika sudah menyerang, tetapi biasanya proses pemulihan mawar untuk menjadi sehat seperti sedia kala tidaklah sebentar. Oleh karena itu, Anda harus rutin memberikan penyemprotan obat kimia terhadap bunga mawar Anda agar selalu tumbuh sehat. Untuk itu, yuk dibaca tips antisipasi hama pada bunga mawar dalam pot berikut ini.

Semprotlah tanaman bunga mawar Anda secara rutin menggunakan campuran obat Antracol dan Curachon setiap dua minggu sekali. Antracol dapat berfungsi untuk menyehatkan daun mawar sedangkan Curachon berfungsi untuk mengantisipasi agar hama khususnya ulat tidak mau menyerang tanaman bunga mawar Anda. Sedangkan penggunaan takarannya adalah sebagai berikut.

Gunakanlah semprotan yang berkapasitas satu liter jika tanaman mawar Anda tidak terlalu banyak semisal hanya 10 tanaman. Hal ini agar Anda tidak boros dalam menggunakan obat, karena obat-obatan tersebut ketika sudah dicampur, harus segera disemprotkan dan tidak boleh didiamkan untuk pemakaian selanjutnya apabila tersisa.

Masukkan satu sendok makan Antracol ke dalam semprotan berkapasitas satu liter tersebut.

Kemudian masukkan juga cairan Curachon sebanyak ½ sampai ¾ sendok teh ke dalam semprotan tersebut.

Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Terus lakukan begitu sampai air memenuhi semprotan tersebut. Dengan penambahan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dilakukan agar campuran obat tersebut dapat larut dengan merata terhadap air.

Setelah itu semprotkanlah kepada tanaman bunga mawar Anda secara merata (batang, daun dan bunga).

Selesai, tanaman mawar Anda pun akan berwarna keputih-putihan akibat penyemprotan tersebut.

Melakukan penyemprotan ini dapat juga dilakukan berbarengan dengan pemupukkan, tips bagaimana cara pemupukkan bunga mawar dapat Anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul Tips Memberikan Pupuk Bunga Mawar Dalam Pot. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan sarung tangan plastik ketika melakukan proses penyemprotan ini dari awal sampai akhir, agar obat-obatan kimia tersebut tidak menempel pada tangan Anda. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top