Bagaimana tips perlakuan bibit mawar yang baru sampai dari tempat saya ke tempat Anda? Apakah sebegitunya tiba di tempat Anda, harus langsung Anda tanam atau dibiarkan dahulu? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Bagi pemesanan bibit mawar eceran, biasanya saya paketkan menggunakan dus kecil dalam pengirimannya.

Nah, begitu sampai ditangan Anda, tentunya Anda harus segera membuka dus tersebut dan mengeluarkan semua bibit mawar yang ada di dalamnya. Kurang lebih bibit mawar yang dikemas dalam dus seperti berikut ini.

Setelah itu, bukalah plastik yang menutupi bagian atas bunga mawar seperti berikut ini.

Lalu, buka juga plastik polibag yang menutupi akarnya seperti berikut ini.

Tak dapat dipungkiri karena bibit mawar sudah menempuh perjalanan jauh selama satu atau dua hari dalam dus yang berdesakan, biasanya kondisi bibit mawar kurang baik, dalam artian sudah tidak segar atau sedikit layu. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan Anda jangan langsung menanamnya pada pot atau tanah di tempat Anda. Maka yang harus Anda lakukan sebelum menanamnya adalah menyimpannya terlebih dahulu di tempat teduh dengan terbaring seperti berikut ini.


Dan jangan simpan di tempat yang panas seperti berikut ini.

Kemudian siramlah seluruh bagian bibit mawar tersebut dengan air yang cukup banyak dan diamkan selama kurang lebih satu sampai dua jam atau sampai bibit mawar terlihat lebih segar daripada pertama kali Anda terima.

Nah, setelah itu, baru kemudian boleh Anda tanam pada media pot, namun simpan dulu di tempat teduh selama kurang lebih seminggu untuk proses pemulihan agar mawar dapat segar kembali dan beradaptasi pada lingkungan baru. Pada awal penanaman, penyiraman harus dilakukan dengan sangat banyak. Selama masa pemulihan, diharapkan untuk melakukan penyiraman sehari tiga kali. Jika bunga mawar terlihat sudah dapat beradaptasi di tempat Anda dengan baik. Kurangilah penyiraman hingga satu sampai dua kali saja dalam sehari tergantung kondisi cuaca disana dan pindahkan tanaman mawar Anda ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk tips bagaimana cara menanam bibit mawar saya dalam pot, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul cara menanam mawar dalam pot. Terima kasih dan selamat menanam bunga mawar!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top