Berapa sih harga mawar biru di pasaran khususnya harga ketika sudah sampai kepada end user (konsumen akhir)? Tentunya akan berbeda-beda tergantung siapa yang menjual dan di daerah mana toko bunga tersebut menjual mawar biru. Akan tetapi pada umumnya harga mawar biru akan lebih murah ketika membelinya di daerah Pulau Jawa terlebih jika itu di daerah Bandung atau Malang karena disanalah pusat para petani pembudidaya bunga mawar, dibanding dengan membelinya di luar Pulau Jawa terlebih karena florist-florist yang terdapat di luar Pulau Jawa pun kebanyakan mendapatkan pasokan bunga mawar dari daerah Pulau Jawa tersebut.

Mawar biru semi holland
Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan gambaran harga mawar biru dibeberapa daerah yang saya dapatkan sumbernya dari blog-blog atau situs berita yang didapat dari mbah google. Namun sebelum menuju kesana, berilah saya kesempatan sedikit untuk menerangkan tentang bunga mawar biru ini.

Pertanyaan pertama adalah apakah mawar biru itu benar-benar ada? Diketahui dari berbagai sumber bahwa bunga mawar tidak memiliki pigmen alami warna biru, jadi sebenarnya secara alami tidak ada bunga mawar berwarna biru di dunia ini. Lantas bunga mawar berwarna biru yang ada dipasaran saat ini hanyalah rekayasa yang dibuat manusia dengan cara mengubah mawar warna putih menjadi biru dengan cara menyemprotkan pewarna khusus bunga (floral spray) pada kelopak bunga, dengan mencelupkan cairan khusus berwarna biru pada ujung batang mawar putih dan rekayasa genetika pada bunga mawar dengan menambahkan pigmen biru.

Terdapat kekurangan dan kelebihan pada setiap rekayasa tersebut, untuk pewarnaan dengan cara melakukan semprotan memiliki kelebihan yakni harga lebih murah namun kekurangannya adalah warna biru yang didapat tampak tidak alami dan birunya tidak menyeluruh. Cara pencelupan warna biru tampak lebih alami namun sayangnya batang dan daun biasanya ikut berubah menjadi kebiruan. Sedangkan cara rekayasa genetika, mawar benar-benar alami namun sayangnya warna yang dihasilkan sebetulnya tidak benar-benar biru namun lebih kepada warna lavender (keunguan) walaupun penemunya (Florigene – Australia dan Suntory – Jepang) mengklaimnya sebagai mawar biru.

Nah, sekarang saatnya kita kembali ke pokok pembahasan, berapa harga mawar biru tersebut ketika sudah sampai dikonsumen terakhir? Saya dapati dari 4 sumber yang berbeda, yang pertama saya dapat dari thread kaskus. Disebutkan bahwa mawar biru hasil celupan yang diperoleh langsung dari Belanda yakni jenis Holland dibanderol dengan harga berkisar Rp 70.000 - Rp 100.000 per tangkainya. Lihat screen shoot-nya di bawah, thread ini dibuat pada tahun 2012, lengkapnya silahkan berkunjung ke tkp à Mawar biru asli atau palsu?


Sumber kedua diambil dari blog tetangga dimana didapati bahwa harga mawar biru hasil rekayasa genetika oleh dua perusahaan yang bekerja sama (Florigene dan Suntory) berkisar di Rp 200.000 – Rp 300.000 per tangkainya dan baru bisa didapatkan di negara Jepang, Amerika Serikat dan Kanada. Tulisan tersebut di buat pada tahun yang sama yakni 2012, lengkapnya silahkan berkunjung ke tkp à Blue Rosesdimana bukti screen shoot dapat dilihat di bawah ini.



Sumber ketiga diambil dari blog tetangga yang lebih kepada cerita pribadi (pengalaman nyata pribadi) yang benar-benar gokil dan lucu sekali. Dari sana diketahui harga mawar biru berkisar di Rp 50.000 – Rp 65.000 per tangkai (daerah Bogor) tahun 2012, namun tidak diketahui jenis mawar biru hasil rekayasa yang mana dari ketiga rekayasa yang sebelumnya saya jelaskan. Lengkapnya silahkan berkunjung ke tkp à Pesan Moral 5 Tangkai Mawar Biru dan 2 Tangkai Mawar Merah, adapun bukti screen shoot-nya dapat dilihat di bawah ini.


Sumber terakhir didapat dari salah satu situs berita, dimana diketahui bahwa harga mawar biru per tangkainya Rp 10.000 yang dapat diperoleh di pasar bunga Wastukencana, Bandung di tahun 2011. Dapat saya yakini bahwa mawar biru tersebut adalah jenis mawar semi holland warna putih yang telah dicelupkan kedalam cairan khusus berwarna biru. Lengkapnya silahkan berkunjung ke tkp à Mawar Biru, Simbol Kasih Sayang Kepada Pria, dengan bukti screen shoot­-nya dapat dilihat di bawah ini.


Dari ke-4 sumber tersebut dapat disimpulkan bahwa toko bunga di Bandung-lah yang memiliki harga mawar biru paling murah, hal ini menguatkan pendapat saya di paragraf pertama karena Bandung merupakan salah satu daerah dimana terdapat para petani bunga mawar. Akan tetapi, harga-harga tersebut didapat pada tahun-tahun silam yakni 2011 dan 2012, sehingga kemungkinan di tahun sekarang (2015) dan tahun-tahun yang akan datang sepertinya sudah mengalami kenaikan.

Lalu, berapa harga mawar biru yang kami jual? Untuk diketahui, mawar biru kami dihasilkan dari rekayasa pencelupan mawar putih semi holland kedalam cairan khusus berwarna biru yang dinamakan dengan teknik osmosis. Tentunya harga kami lebih murah dibandingkan ke-4 harga-harga di atas karena kami bergerak sebagai supplier bunga mawar. Namun tetap terdapat kekurangan, yakni kami menjual bukan berdasarkan per tangkai, melainkan per kodi (per 20 tangkai).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top