serbahidroponik.blogspot.com - MENANAM HIDROPONIK TEKNIK STATIC SOLUTION CULTURE. Salah satu teknik yang digunakan dalam menanam dengan cara hidroponik adalah dengan teknik Static solution culture lebih dikenal dengan istilah sistem sumbu (wick system) ataupun teknik apung. Teknik ini paling sering digunakan oleh banyak kalangan karena mudah dilakukan.



Sebenarnya teknik ini telah lama dikenal, yaitu sejak pertengahan abad ke-15 oleh bangsa Aztec. Secara global, teknik ini dilakukan dengan cara tanaman yang akan ditanam (sayuran/buah-buahan) diletakkan pada wadah yang telah diberi sumbu sebagai sarana pengangkut nutrisi. Dikarenakan letak wadah tanaman berada di atas tempat nutrisi, maka disebut sebagai teknik apung.

Cairan larutan nutrisi biasanya diberikan gelembung-gelembung dengan mesin aerator seperti pada akuarium agar larutan nutrisi mendapatkan oksigen yang cukup untuk akar tanaman. Selain itu agar cairan mudah terserap oleh sumbu.

Penutup wadah air diberi lubang dan diisi tanaman, lubang tersebut dapat diisi satu atau beberapa tanaman untuk setiap wadah air. Ukuran wadah air bisa berbeda tergantung ukuran tanaman. Dalam skala rumah tangga, hidroponik dapat dibuat dengan wadah tanaman atau toples atau jrigen plastik dengan diberi blekutukan dengan mesin aerator ataupun dengan pompa air yang biasa dipakai di aquarium.



Wadah bening dapat di bungkus dengan Aluminium foil, plastik, cat, atau material lain yang menolak cahaya (membuat cahaya tidak bisa masuk) agar tidak tumbuh lumut pada wadah nutrien.

Larutan nutrien dapat diganti sesuai jadwal atau sesuai prosedur. Setiap kali larutan berkurang hingga di bawah tingkat tertentu, maka perlu menambahkan air atau larutan nutrisi segar sesuai dengan kebutuhan tanaman yang dinyatakan dengan satuan TDS (Total Solid Dissolved) atau PPM (Part per Million) yang diperlukan.

Untuk mencegah ketinggian larutan nutrien turun dibawah akar, dapat digunakan keran dengan katup pelampung bola (yang biasa dipakai di tandon) untuk menjaga ketinggian larutan secara otomatis. Dalam budidaya larutan rakit apung, tanaman ditempatkan dalam celah pada lembaran gabus / stereofoam yang mengapung di atas permukaan larutan nutrisi. Dengan teknik apung, ketinggian larutan tidak akan turun di bawah akar.

MENANAM HIDROPONIK TEKNIK STATIC SOLUTION CULTURE (WICK/SUMBU)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top