Ada berapa banyak sih macam-macam warna bunga mawar semi holland itu? Sebenarnya banyak sekali macam-macam warnanya hingga lebih dari 20 macam. Namun, tidak semua warna dari mawar semi holland banyak yang tanam terlebih khususnya untuk kepentingan komersial. Ya, hal ini dikarenakan pasar usaha bunga potong khususnya bunga mawar tidak merespon seluruh warna yang dimiliki mawar ini. Dengan kata lain, kebanyakan petani biasanya menanam jenis warna yang paling diminati oleh pasar. Pun pada postingan artikel ini, saya hanya mencantumkan warna-warna mawar semi holland yang biasanya kami jual/yang kami miliki (tidak semua warna).

Macam-macam warna bunga mawar semi holland yang akan saya tampilkan di bawah ini diurut berdasarkan warna yang paling laku kami jual (terpopuler), serta hanya warna-warna yang kami punya saja. Tentunya yang paling populer (paling laku) adalah warna merah (sexy red) dan putih (avalanche). Totalnya ada 15 macam warna, baik itu merupakan warna alami maupun buatan, silahkan disimak saja tampilannya di bawah ini, dijamin indah-indah warnanya.

Bunga mawar merah (sexy red)

Inilah mawar yang paling populer/paling laku, mawar merah semi holland disebut juga dengan nama sexy red. Warnanya benar-benar merah mencolok agak tua dan sangat sexy, mungkin karena warnanya yang sexy itulah dia disebut sexy red, walaupun begitu pada kenyataannya mawar merah ini bukanlah mawar favorit bagi para petani, sebaliknya para pecinta bunga mawar, sangat menyukai mawar sexy red ini. Lalu mengapa para petani kurang menyukai mawar warna ini? Silahkan disimak jawabannya pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Perawatan Mawar Merah Tak Seindah Bunganya.

Bunga mawar putih (avalanche)

Mawar putih merupakan jenis warna mawar semi holland yang paling laku kedua, mawar ini biasa disebut juga dengan nama avalanche. Warnanya yang putih dengan agak kehijau-hijauan pada bagian kelopak luarnya benar-benar melembutkan mata orang yang melihatnya. Berbeda dengan mawar sexy red, mawar putih ini adalah mawar yang paling disukai oleh para petani karena perawatannya yang lebih mudah. Pun bagi para konsumen, mawar putih juga merupakan warna favorit kedua setelah sexy red terlebih mawar ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan dekorasi pelaminan yang melambangkan kemurnian dan kesucian. Ingin tahu lebih lengkap ulasan mengenai mawar avalanche? Silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Deskripsi Bunga Mawar Putih.

Bunga mawar rivaivel

Entah bagaimana penulisan mawar warna ini yang paling benar, karena beberapa orang menuliskannya juga dengan sebutan pink parvel. Mawar ini berwarna pink (merah muda) agak tua (keunguan). Merupakan warna ketiga yang paling diminati konsumen kami.

Bunga mawar universe

Mawar universe adalah mawar yang berwarna pink (merah muda) yang benar-benar muda (pink pucat). Mahkota mawar ini biasanya paling besar diantara warna lainnya, hal ini dikarenakan pertumbuhan mawar ini agak lebih cepat dibandingkan yang lain. Namun karenanya, ketahanan hidup mawar ini dalam vas bunga tidak sebaik macam-macam warna bunga mawar semi holland lainnya. Oleh karena itu, untuk pengiriman jarak jauh, biasanya mawar universe yang masih agak kuncup menjadi pilihan tepat.

Bunga mawar biru

Mawar biru kami sebenarnya bukanlah jenis warna alami yang dihasilkan oleh mawar semi holland, dan pada kenyataannya pigmen biru pada tanaman mawar memang tidak ada, lalu kenapa bisa berwarna biru? Itu sebenarnya adalah mawar putih (avalanche) yang dicelupkan kedalam cairan khusus berwarna biru. Teknik ini disebut dengan teknik osmosis, ingin tahu bagaimana cara kerja teknik osmosis? Baca lebih lanjut pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Bunga Mawar Biru. Banyak yang bertanya kepada kami dan ingin membeli bibit mawar yang berwarna biru, namun kami tidak memiliki bibitnya karena tidak ada mawar semi holland warna biru alami. Akan tetapi, banyak yang menjual online bibit mawar biru berupa biji, entah jenis apa mawar tersebut dan apakah benar-benar biru hasilnya? Entahlah, kami tidak pernah mencobanya, silahkan Anda mencobanya dan bagikan pengalaman Anda disini jika bersedia.

Bunga mawar passion

Mawar passion semi holland memiliki warna unik yakni dua warna seperti bendera kita (merah putih), dengan merah di bagian kelopak dalam dan putih di kelopak luar. Entah seperti apa penulisan yang benar mengenai bunga ini, karena sebagian menulisnya dengan kata fashion (mode/tata busana) dan sebagian lainnya dengan kata passion (gairah). Namun, saya sendiri lebih memilih passion dikarenakan lebih banyak yang menulisnya dengan kata tersebut.

Bunga mawar oranye (Voodoo)

Bunga mawar oranye disebut juga dengan nama voodoo (menyihir)mawar ini dipercaya memiliki arti apabila seseorang mengirim mawar ini kepada pasangannya yakni saya ingin Anda menjadi bagian dalam hidupku.

Bunga mawar kuning (mohana)

Mawar kuning semi holland disebut juga dengan nama mohana, mawar ini memiliki arti kekeluargaan, keceriaan, kegembiraan dan rasa persahabatan yang tinggi. Namun tak jarang orang mengira bahwa arti mawar kuning melambangkan rasa cemburu dan benci.

Bunga mawar salem (primadona)

Bunga mawar salem disebut juga dengan nama primadona, warna salem pada jenis mawar semi holland benar-benar ada aslinya. Namun, dikarenakan saat ini peminat warna salem berkurang, petani jarang menanam mawar ini sebagai pilihan. Akan tetapi, mawar salem masih dapat diproduksi dengan teknik osmosis seperti mawar biru. Gambar mawar salem di samping kiri merupakan mawar salem yang kami buat dengan teknik osmosis.

Bunga mawar sweet avalanche
Mawar sweet avalanche merupakan mawar yang warnanya sangat mirip dengan mawar pink universe, namun warna merah muda pucatnya terlihat lebih kalem. Selain itu, sifatnya sama dengan mawar putih (white avalanche) yakni memiliki duri yang sangat sedikit dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Bunga mawar ungu (cool water) - Stok Kosong Untuk Bibit

Bunga mawar ungu untuk jenis semi holland dinamakan juga dengan nama cool water, mawar ini berwarna ungu alami. Hanya saja kebanyakan hasil produksi mawar ungu besaran mahkotanya paling kecil diantara mawar semi holland warna lainnya.

Bunga mawar hijau

Mawar hijau sama halnya dengan bunga mawar biru, yakni tidak ada pigmen alami warna hijau untuk mawar jenis semi holland. Jadi sebenarnya mawar hijau jenis semi holland merupakan mawar putih yang dilakukan teknik osmosis seperti pada warna mawar biru dan salem.

Bunga mawar dolcevita (Stok Kosong Untuk Bibit Maupun Bunga Potong)

Bunga mawar dolcevita merupakan mawar semi holland yang memiliki warna putih dengan dilengkapi garis-garis berwarna pink (merah muda) pada pinggiran kelopaknya. Walaupun unik dan memiliki dua warna seperti mawar passion, namun peminatnya tidak sebanyak mawar passion.

Bunga mawar cherry brandy (Stok Kosong Untuk Mawar Potong)

Bunga mawar cherry brandy merupakan mawar semi holland yang memiliki warna gabungan antara oranye dan peach (persik).

Bunga mawar matrak (Stok Kosong Untuk Bibit Maupun Bunga Potong)

Bunga mawar matrak memiliki warna yang hampir mirip dengan rivaivel (pink parvel), tetapi warnanya lebih agak tua dan lebih cerah, walaupun begitu, peminatnya masih lebih banyak menyukai mawar rivaivel.

Bunga mawar pelangi/rainbow 

Bunga mawar pelangi sebenarnya memiliki warna yang paling unik karena warnanya benar-benar pelangi (rainbow), mawar pelangi kami ini bukanlah alami akan tetapi sama seperti mawar biru, salem dan hijau, pewarnaannya dilakukan dengan teknik osmosis. Walaupun paling unik, akan tetapi peminatnya tidak begitu banyak, mungkin dikarenakan harga mawar pelangi ini merupakan mawar kami yang paling mahal. Ingin tahu lebih lanjut mengenai mawar pelangi? Silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Mawar Pelangi – Mengenal si Cantik yang Unik dan Berbeda.

Itulah tadi macam-macam warna bunga mawar yang kami miliki dengan total warna terdapat 15 macam. Bagi Anda yang tertarik untuk memesannya, kami menjual dengan sistem per kodi (20 tangkai). Silahkan untuk menghubungi kami melalui kontak yang tersedia pada blog ini agar mendapatkan respon cepat. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

1 komentar:

 
Top